KEPALA DESA
KABUPATEN BANDUNG
PERATURAN DESA
NOMOR TAHUN 2018
TENTANG
RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA (RKPDes) CIAPUS
KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN BANDUNG TAHUN ANGGARAN 2019
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
KEPALA DESA CIAPUS,
Menimbang |
: |
a. |
bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 78Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa Di Kabupaten Bandung, desa harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa untuk skala tahunan; |
|
|
|
b. |
bahwa Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) merupakan dokumen perencanan untuk periode satu tahun yang merupakan penjabaran dari RPJMDesa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimuatakhirkan, program prioritas pembangunan desa berdasarkan hasil kesepakatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan desa setiap tahun; |
|
|
|
c. |
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b, serta memperhatikan aspirasi masyarakat yang berkembang dalam forum Musrenbang, perlu mengukuhkan dan menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Ciapus Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2018, dengan Peraturan Desa;
|
|
Mengingat |
: |
1. |
Undang–Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Propinsi Jawa Barat (Berita Negara Tahun 1950) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang dengan mengubah Undang–Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Propinsi Jawa Barat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1968 Nomor 31, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2851); |
|
|
|
2. |
Undang–Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 17, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286); |
|
|
|
3. |
Undang–Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4400); |
|
|
|
4. |
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495); |
|
|
|
5. |
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 123, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539); |
|
|
|
6. |
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 2091); |
|
|
|
7. |
Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 12 Tahun 2013 tentang Partisipasi Masyarakat Dan Keterbukaan Informasi Publik Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kabupaten Bandung (Lembaran Daerah Kabupaten Bandung Tahun 2013 Nomor 12); |
|
Dengan Kesepakatan Bersama
BADAN PERMUSYAWARATAN DESA CIAPUS
dan
KEPALA DESA CIAPUS
MEMUTUSKAN:
Menetapkan:PERATURAN DESA TENTANG RENCANA KERJA PEMBANGUNAN
DESA CIAPUSTAHUN 2019
BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Peraturan Desa ini yang dimaksud :
1. |
Desa adalah Desa Ciapus |
2. |
Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dankepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
3. |
Pemerintah Desa adalah pemerintah Desa Ciapus |
4. |
Badan Permusyawaratan Desa adalah yang selanjutnya disebut BPD adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis |
5. |
dst……… |
6. |
Visi adalah Gambaran tentang Kondisi Ideal Desa yang diinginkan |
7. |
Misi adalah pernyataan tentang sesuatu yang harus dilaksanakan sehingga Visi dapat terwujud secara efektif dan efisien |
BAB II
SISTEMATIKA PENYUSUNAN RKP Desa
Pasal 2
(1) |
Rencana Kerja Pemerintah Desa Ciapus Tahun 2019 disusun dengan sistematika sebagai berikut : |
||||
|
a. |
BAB I : P ENDAHULUAN |
|||
|
|
A. |
Latar Belakang |
||
|
|
B. |
Dasar Hukum |
||
|
|
C. |
Tujuna dan Manfaat |
||
|
|
D. |
Proses Penyusunan |
||
|
|
E. |
Sistematika |
||
|
b. |
BAB II : GAMBARAN UMUM PEMERINTAHAN DESA |
|||
|
|
A. |
Visi – Misi Kepala Desa |
||
|
|
B. |
Data kemiskinan dan Profil Desa |
||
|
|
C. |
Kebijakan Pendapatan Desa |
||
|
|
D. |
Kebijakan Belanja Desa |
||
|
|
E. |
Kebijakan Pembiayaan Desa |
||
|
c. |
BAB III : RUMUSAN PRIORITAS MASALAH |
|||
|
|
A. |
Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan pada RKPDesa Tahun 2018 |
||
|
|
B. |
Identifikasi masalah berdasarkan RPJM Desa |
||
|
|
C. |
Identifikasi Masalah Berdasarkan Analisa Keadaan Darurat antara lain: bencana alam,krisis |
||
|
|
D. |
Identifikasi Masalah berdasarkan Prioritas Kebijakan PembangunanDaerah
|
||
|
d. |
BAB IV |
|||
|
|
|
|
|
|
|
e. |
BAB V : ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA |
|||
|
|
A. |
Prioritas Program dan Kegiatan Pembangunan Skala Desa Tahun Anggaran 2019 |
||
|
|
|
1. |
Berdasarkan Kewenangan Hak asal usul |
|
|
|
|
2. |
Berdasarkan Kewenangan Lokal Skala Desa |
|
|
|
B. |
Prioritas Program dan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2019 |
||
|
|
C. |
Pagu Indikatif Program dan Kegiatan masingmasing Bidang/Sektor |
||
|
|
|
|
|
|
|
PENUTUP |
||||
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN |
||||
|
1. |
Matrik Program & Kegiatan Skala Desa Tahun 2019 |
|||
|
2. |
Matrik Skala Desa Prioritas Kemiskinan Tahun 2018 |
|||
|
3. |
Matrik Program dan Kegiatan Skala Kecamatan dan Kabupaten |
|||
|
4. |
Berita Acara Musrenbang Desa RKP Desa Tahun 2019 |
|||
|
5. |
Keputusan Kepala Desa tentang Delegasi Desa |
|||
|
6. |
Berita Acara Musyawarah Desa tentang Pembahasan dan Penyepakatan Perdes RKP Desa Tahun 2019 Isi Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019sebagaimanatercantum dalam Lampiran Peraturan Desa ini merupakan satu kesatuan dan bagian yang tak terpisahkan dari Peraturan Desa ini. |
|||
Pasal 3
Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019 merupakan landasan dan pedoman bagi Pemerintahan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Desa Tahun 2019
Pasal 4
Pelaksanaan pembangunan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, dilaksanakan secara transparan, partisipatif dan akuntabel oleh pelaksana kegiatan pembangunan dengan menyusun Rencana Kerjadan Anggaran (RKA), Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA), serta dipertanggungjawabkan oleh Pelaksana Kegiatan dalam Forum Musyawarah Desa.
Pasal 5
RKP Desa dapat diubah dalam hal:
a. |
terjadi peristiwa khusus, seperti bencana alam, krisis politik, krisis ekonomi, dan/atau kerusuhan sosial yang berkepanjangan; atau |
b. |
terdapat perubahan mendasar atas kebijakan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan/atau Pemerintah Daerah Kabupaten. |
Pasal 6
Perubahan RKP Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 dibahas dan disepakati bersama dengan BPD dalam Musrenbang Desa dan selanjutnya ditetapkan dengan Peraturan Desa.
Pasal 7
Berdasarkan Peraturan Desa ini selanjutnya disusun APB Desa Tahun Anggaran 2019
Pasal 8
(1) |
Hal – hal yang belum diatur dalam Peraturan Desa ini, sepanjang mengenai teknis pelaksanaannya diatur lebih lanjut oleh Kepala Desa. |
(2) |
Peraturan Desa ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahui, memerintahkan pengundangan Peraturan Desa ini dengan penempatannya dalam Lembaran Desa. |
Ditetapkan di Desa Ciapus
pada tanggal 15 Oktober 2018
Pjs. KEPALA DESA CIAPUS
NANA WIBISANA
Diundangkan di Desa Ciapus
pada tanggal 15 Oktober 2019
SEKRETARIS DESA CIAPUS
DASEP BUDY NUGRAHA
LEMBARAN DESA CIAPUS TAHUN 2017 NOMOR 03
PERATURAN DESA
(PERDES)
NOMOR : TAHUN 2018
T E N T A N G
RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA (RKPDes) CIAPUS
KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN BANDUNG
TAHUN ANGGARAN 2019
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
KECAMATAN BANJARAN
DESA CIAPUS
RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA |
|
||||||||||||||||||
TAHUN 2019 |
|
||||||||||||||||||
DESA |
: |
CIAPUS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KECAMATAN |
: |
BANJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KABUPATEN/KOTA |
: |
BANDUNG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
PROVINSI |
: |
JAWA BARAT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KD |
BIDANG / JENIS KEGIATAN |
LOKASI (RT/RW, DUSUN) |
PERKIRAAN VOLUME |
SASARAN/ MANFAAT |
WAKTU PELAKSANAAN |
PERKIRAAN BIAYA & SUMBERDANA |
POLA PELAKSANAAN |
RENCANA PELAKSANA KEGIATAN |
|
||||||||||
BIDANG/SUB BIDANG |
JENIS KEGIATAN |
JUMLAH (RUPIAH) |
SUMBER |
SWA KELOLA |
KERJA SAMA |
PIHAK KETIGA |
|
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
|
||||||
1 |
Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa |
Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan |
Desa Ciapus |
12 Bulan |
Perangkat Desa |
12 Bulan |
12.000.000,- |
PAD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||
|
Desa Ciapus |
1 Bulan |
Perangkat Desa |
1 Bulan |
15.000.000,- |
BANPROV |
ü |
|
|
Kasi Pelayanan |
|
||||||||
|
Desa Ciapus |
25 Bulan |
Perangkat Desa |
25 Bulan |
296.040.000,- |
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Operasional Kantor Desa dan Rapat Desa |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa |
1 Tahun |
48.320.800,- |
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Operasional BPD |
Desa Ciapus |
12 Bulan |
BPD |
12 Bulan |
71.050.000,- |
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Operasional RT/RW |
Desa Ciapus |
12 Bulan |
RT dan RW |
12 Bulan |
124.500.000,- |
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Pengeloalaan Informasi Desa |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat |
1 Tahun |
|
DD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Peningkatan Kesehatan masyarakat (Jaminan Kesehatan Kepala Desa dan Perangkat Desa Pemeliharaan Kendaraan Serbaguna) |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Perangkat Desa |
1 Tahun |
|
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa (PILKADES serentak) |
Desa Ciapus |
1Tahun |
Masyarakat |
1 Bulan |
|
ADPD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
JUMLAH PER BIDANG |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
2 |
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa |
Kegiatan Pembangunan/Peningkatan ruang Pelayanan umum di Kantor Desa |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa |
1 Tahun |
|
PBP |
ü |
|
|
Kasi Pelayanan |
|
||||||
Kegiatan Pemeliharaan sarana dan prasarana Masyarakat |
RW 1 s.d 19 |
2.076 M |
Seluruh masyarakat |
1 Tahun |
|
DDS |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||||
Kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni/ Rehab Rumah Sabilulungan |
RW 1 s.d 19 |
6 Unit |
Masyarakat Desa Ciapus |
1 Tahun |
|
PBK/DD/SWD |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||||
Kegiatan Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan/Aset/asset Desa |
Desa Ciapus |
3 Bulan |
Masyarakat Desa Ciapus |
3 Bulan |
|
ADD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Pembangunan/Pengembangan Fasilitas Prasarana Lingkungan |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa Ciapus |
1 Tahun |
|
Banprov/DD/SWD |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Pemenuhan Kebutuhan Dasar |
RW 1 s.d 19 |
1 Tahun |
Seluruh Masyarakat |
1 Tahun |
|
DD |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||||
JUMLAH PER BIDANG |
|
|
ü |
|
|
|
|
||||||||||||
KD |
BIDANG / JENIS KEGIATAN |
LOKASI (RT/RW, DUSUN) |
PERKIRAAN VOLUME |
SASARAN/ MANFAAT |
WAKTU PELAKSANAAN |
PERKIRAAN BIAYA & SUMBERDANA |
POLA PELAKSANAAN |
RENCANA PELAKSANA KEGIATAN |
|
||||||||||
BIDANG/SUB BIDANG |
JENIS KEGIATAN |
JUMLAH (RUPIAH) |
SUMBER |
SWA KELOLA |
KERJA SAMA |
PIHAK KETIGA |
|
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
|
||||||
3 |
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan |
Kegiatan Pembinaan Pemuda dan Olahraga |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Karang Taruna Desa |
1 Tahun |
|
PBH |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||
Kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan/PKK |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Warga Masyarakat |
1 Tahun |
|
PBH |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
Kegiatan Pembinaan Kesenian dan Sosial Budaya |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa Ciapus |
1 Tahun |
|
PBH |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||||
JUMLAH PER BIDANG |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
4 |
Bidang Pemberdayaan Masyarakat |
Kegiatan Operasional Lembaga Pemberdayaan masyarakat |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
LPMD |
1 Tahun |
|
PBH |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||
|
|
Kegiatan Pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif serta pengelolaan sarana dan prasarana |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa |
1 Tahun |
|
DDS |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||
|
|
Kegiatan Peningkatan kualitan dan akses terhadap pelayanan social dasar masyarakat |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Masyarakat Desa |
1 Tahun |
|
DDS |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||
|
|
Kegiatan Peningkatan Pendidikan Dasar Termasuk Bantuan Kesejahteraan Bagi Guru Non Formal (PAUD, TK) |
Desa Ciapus |
76 Orang |
Pengajar Sekolah/Madrasah Non Formal |
1 Tahun |
|
DDS |
ü |
|
|
Kasi Kesejahteraan |
|
||||||
|
|
Kegiatan Bulan Bhakti gotongroyong Masyarakat |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Lingkungan yang Bersih |
1 Tahun |
|
PBH |
ü |
|
|
Kasi Pemerintahan |
|
||||||
|
|
Kegiatan Pelestarian lingkungan hidup |
Desa Ciapus |
1 Tahun |
Lingkungan yang Bersih |
1 Tahun |
|
|
ü |
|
|
|
|
||||||
JUMLAH PER BIDANG |
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||
JUMLAH TOTAL |
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
Pjs.Kepala Desa Ciapus NANA WIBISANA |
|||||||||||||||||